Wednesday, September 9, 2009



Sadarkah anda bahwa langit Indonesia tidak biru lagi? Beberapa waktu lalu di Jakarta terpampang sebuah billboard dengan gambar jalanan di ibukota yang dipadati kendaraan bermotor yang berlatar belakang langit berwarna abu-abu. Warna abu-abu tersebut bukan karena mendung, tetapi ingin menggambarkan bahwa langit kita, khususnya Jakarta sudah tidak lagi berwarna biru cerah. Apa yang digambarkan oleh billboard tersebut seharusnya menyadarkan kita bahwa langit yang berwarna abu-abu itu menandakan bahwa udara di sekitar kita yang kita hirup setiap hari juga tercemar.
Kita semua tahu bahwa asap kendaraan bermotor adalah penyumbang terbesar polusi di Jakarta. Saat ini kemacetan yang selalu kita hadapi selama berkendara menandakan bahwa semakin tingginya jumlah kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan-jalan ibukota. Kendaraan tersebut belum tentu semuanya ramah lingkungan sehingga asap pembuangannya bisa sangat berbahaya. Belum lagi jika kita lihat bus-bus yang beroperasi adalah bus-bus lama yang seharusnya sudah lewat dari usia kelayakannya. Asap yang dihasilkan oleh bus tersebut benar-benar mengerikan dengan warnanya yang kehitaman. Semua hal tersebut akhirnya bersatu di udara dan membuat langit di Jakarta tertutup asap sehingga warna terlihat keabu-abuan.
Selain asap dari kendaraan bermotor tersebut, faktor lain yang membuat warna langit tidak biru lagi adalah kebakaran hutan yang terjadi belakangan ini. Asap dari kebakaran hutan tersebut bahkan sampai ke negara tetangga dan bukan hanya mengubah warna langit tetapi juga sangat berbahaya bagi penerbangan karena asap tersebut memperpendek jarak pandang pilot.
Asap dari kebakaran hutan dan gas pembuangan dari kendaraan bermotor sama-sama menyebankan karbondioksida semakin meningkat. Hal ini dapat berbahaya bagi kesehatan, baik kesehatan organ dalam seperti saluran pernapasan maupun bagian luar tubuh kita, seperti kulit dan mata. Asap kendaraan terkadang membuat pernapasan kita terganggu atau sesak napas dan membuat mata teriritasi. Lebih jauh lagi apabila itu terjadi terus menerus, lama-kelamaan zat-zat berbahaya yang terhirup tadi akan mengendap dalam tubuh kita dan menyebabkan penyakit lain yang lebih berbahaya.
Diposkan oleh Better Blue di 05:04 0 komentar
Langgan: Entri (Atom)

0 comments:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Ford Cars. Powered by Blogger